Postingan

Mencintai Gelap

Gambar
Tulisan ini didedikasikan untuk mereka yang mempuyai harapan di masa depan.

Dari aku yang memimpikan mentari. Hari ini aku menyaksikan kegelapan. Dibaluti oleh kain putih nan indah ku melihat kegelapan di dalamnya. Tak terbayangkan jika lantunan pemujaan yang keluar direalisasikan, akan kacau balaukah alam semesta dibuatnya?
Hari ini ku menyaksikan kegelapan. Perkelahian dan pertentangan menjadi hal yang biasa dibuatnya. Yang baik menjadi tidak baik dan yang tidak baik menjadi sangat suci untuk ditelaah. Mengapa kau begitu apik dalam memilih kekaguman mana untuk sebuah ritual?
Kegelapan. Katanya membosankan. Dunia ini sefana apa yang dihapalkannya. Namun, tidak mencoba menjadi pelita dalam kegelapan. Katanya gelap, katanya demikian. Terang hanya jika percaya, jika tidak percaya katanya terbakar s’lamanya.
Kegelapan. Banyak yang menyuruh keluar dari sana, namun tidak sadar bahwa mereka semua terjebak di dalamnya. Banyak yang justru terikat sebagai budak kegelapan. Membenarkan dunia yang f…

kenapa semuanya jadi serba moody?

Gambar
Jadi orang yang konsisten ternyata engga semudah membicarakannya. Awalnya iya, wanna do something productive everyday. Buat list sebanyak-banyaknya tentang pencapaian. Dikerjain satu-satu diawal, makin kesini makin amnesia sama yang namanya to-do list. Dengan alasan yang beragam, entah itu
“duh, aku kan sibuk sama tugas kuliah.”
“tugas di kerjaan banyak nih, belum sempet”
“bingung, belum ada ide”
Blah blah blah.
We tend to blame our routinity. Tapi tau gak sih kalau sebenarnya, hobi yang diseriusin bener-bener akan menjadikan kita berhasil.
butuh satu kata seribu alasan untuk menyudahinya. 
KEULETAN.

Kenapa kita butuh keuletan?
Karena dengan serius mengerjakan apapun, maka hasilnya akan menjadi maksimal. Tapi emang bener, yang namanya penyakit itu ada aja di dalam diri kita. Entah itu malasnya malas aja, sampe yang malasnya malas banget. Kebayang gak sih kalau semua orang di dunia ini kayak kita, mau jadi apa peradaban manusia ☹
Ada cerita yang melatarbelakangi tulisan ini.
Gak selama…

Apakah kamu tipe orang yang tidak bahagia?

Gambar
Ada banyak kejadian yang dapat membuat seseorang tidak merasa nyaman dengan keadaan. Misalnya, ketika seorang wanita sedang menstruasi. Mereka biasanya menjadi lebih moody karena efek rasa sakit yang ditimbulkan (tidak terjadi pada semua cewek, kok!). Pengaruhnya antara lain kepada orang-orang di sekitarnya.


Ada dua jenis tipe orang dalam mengambil sikap di dunia ini. Ada yang pengertian dan ada yang selalu merasa kurang beruntung.
Bagi yang pengertian, melihat keadaan wanita yang aneh, ngambekan, marah-marah, pikirannya sudah tidak lagi bertanya-tanya, tetapi cukup diam saja. Rasa pengertiannya itu membuat tidak ada konflik diantara kedua belah pihak. Meskipun agak sedikit terganggu dengan wanita ini, pikirannya selalu positif. Ia melihat bahwa apa yang dialami orang ini pasti tidak sama dengan dirinya.
Bagi yang selalu merasa kurang beruntung, melihat keadaan wanita yang aneh, ngambekan, marah-marah, dan tersiksa, pikirannya bisa jadi tidak terkontrol rasanya ingin memarah-marahi wanit…

Hindari Pesan Negatif

Gambar
Ada pepatah yang mengatakan bahwa “mulutmu adalah harimaumu.” Pesan ini bermakna ke semua jenis kata-kata yang keluar dari mulut manusia. Baik secara terfikirkan atau gak dipikirkan dulu alias asbun (asal bunyi). Banyak orang beranggapan bahwa setiap kata-kata yang keluar dari mulut manusia adalah doa. Apa betul kalau kita bicara “saya  ingin menjadi presiden” akan otomatis kita menjadi presiden? Coba simak pemabahasan gue yang berikut ini.

Anita adalah seorang ketua perhimpunan mahasiswa di kampusnya. Dia merasa kalau anak buahnya tidak punya pengalaman baik di organisasi sehingga apapun yang dikerjakan anak buahnya tidak pernah maksimal. Anita mengeluhkan penilaiannya tersebut melalui forum-forum tertentu dimana ia bisa menyinggung permasalahannya tersebut di depan mereka. Niat baik Anita adalah, ingin menyadarkan teman-temannya kalau pekerjaan yang dilakukan oleh teman-temannya tersebut masih berantakan sehingga diharapkan bisa melakukan perbaikan secara lebih mendalam. Namun yang p…

Menulis Diary

Gambar
Masih ingat jaman anak 90a kecil, apa yang sering dilakukan kepada teman-temannya sebelum mengenal friendster dan sebagainya? Yup, binder. Kalau sekarang sih pakai binder cuma buat kuliah ataupun sekolah. Kalau dibawah tahun 2010-an, binder ini jadi alat komunikasi verbalnya temen-temen sepergaulan.

Kalau boleh flashback, dulu gue memakai binder untuk mengumpulkan biodata temen-temen gue. Jaman itu, uang jajan anak SD yang gue punya sekitaran lima ribu rupiah. Gue sangat selektif dalam membagi pengeluaran sesuai dengan kepentingan. Sebagian uang gue sisihkan untuk beli cemilan, sisanya harus ada yang bisa untuk ditabung. Kalau lagi iseng, biasanya gue berburu isi kertas binder yang unik-unik. Kalau kalian inget nih, ada tipe-tipe kertasnya. Yang paling mahal biasanya tipe harvest. Satunya lembarnya bisa lima ratus rupiah sampai seribu rupiah. Kalau tipe yang biasa, lima ratus bisa dapat tiga lembar. Jaman itu, gue belom mengenal alkitab bernama media sosial yang sangat instant seperti …

Dari Mana Memulainya?

Gambar
Gue terinspirasi punya blog dari beberapa tahun lalu. Saat itu gue masih SMP. Masih angot-angotnya main media sosial seperti facebook dan twitter. Gue suka sharing-sharing di twitter tentang keseharian gue. Dulu, ngetweet itu rasanya punya kebebasan buat ngutarain isi hati. Entah lagi jenuh, lagi senang, ataupun lagi bete. 
Suatu hari, gue nemuin blog seseorang. Kalo ga salah yang punya blog itu namanya Lily. Di situ gue sering baca isi blog dia. Gue liat desain blog Lily yang girly-girl banget. Dia juga nulis sesuatu yang unik, dan membuat orang lain jadi termotivasi. Di situlah gue langsung join blogger buat bikin account.
Awalnya, blog ini engga tau mau diisi apa. Sampai entah gimana caranya, gue bertemu dengan blog-blog besar yang menjadi inspirasi gue sampai saat ini. 
Gue punya beberapa list yang masih sering gue baca-baca, semoga kalian juga termotivasi buat nulis blog yang sama. 
1. BrownPlatform

Blog ini punya Anastasia Siantar. Dia nulis blognya engga pernah banyak-banyak, tapi p…

Ada Apa Dengan Lyz?

Gambar
Alhamdulilah. Sudah punya laptop baru sekarang. Kemarin-kemarin blog ini ditinggalkan karena memang belum punya kemauan tinggi buat nulis. Sekarang mau ngelurusin jalan lagi. Kalau udah punya sesuatu yang mendukung, ga ada alesan lagi dong buat ga ngerjain hal itu? 😀
Selama ngga main di blog ini, gw cukup aktif nulis di Orangemagz & IDNtimes. Ya.. Kalau di Orange memang sudah kewajiban gue kalau ada liputan. Kalau di IDNtimes hanya mengisi waktu kosong aja. Maklum, kalau di blog ini, entah apa sekiranya yang mau gue isi? Belum tau mau dibawa ke mana kontennya. Masih jadi blog pribadi. Ya, doain aja gue bisa ngeshare something yang bermanfaat di blog ini. Kalau isinya cuma tentang gue, ga ada yang minat buat baca kan? Hehehe..😆😅
Gue masih belajar (sampai kapanpun) caranya nulis. Emang sih, dari dulu kapasitas tulisan gue masih segini-gini aja, perlu asahan. Blog ini media gue belajar buat ngembangin bakat gue. Yaa.. Maklumlah gue cuma hobi nulis. Hobi-hobi gue yang lain masih maha…